Pengertian Mad Lazim, Macam-Macam Mad Lazim Dan Tumpuan Mad Lazim

Kata mad artinya “bacaan panjang”, sedangkan kata lazim  artinya ‘biasa, wajar, pasti’. Sehingga  Mad Lazim, berdasarkan bahasa  dapat dimaknai dengan ‘bacaan yang meski dibaca panjang. Panjang bacaannya ialah 6 harokat atau tiga alif.

Mad lazim ini dibedakan menjadi dua, yaitu mad lazim Mutsaqqal (diberatkan) dan mad lazim Mukhaffaf (diringankan). Untuk lebih lengkap dan lebih jelasnya kita perhatikan uraian berikut:

1. Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi.
Menurut bahasa, mad lazim mutsaqqal kilmi ialah kalimat yang wajib dibaca panjang (6 harakat/6 alif) dan diberatkan.
.
Kaprikornus ada dua syarat suatu kalimat disebut bacaan mad lazim mutsaqqal kilmi, pertama, bacaan mad bertemu karakter bertasydid kedua, karakter yang bertasydid tersebut harus berada dalam satu kata.

Menurut istilah ialah kalimat yang wajib dibaca panjang (6 harakat/6 alif) dan diberatkan, lantaran ada karakter mad yang diiringi dengan karakter berharokat tasydid dalam satu kata, cara membacanya diberatkan alasannya diidghamkan

Contoh:      وَلاَ الضَّالِّيْنَ،  كَافَّة ،  اَلْحـَــاقَّة

2. Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi.
Menurut bahasa, mad lazim mukhaffaf kilmi ialah kalimat yang wajib dibaca panjang (6 harakat/6 alif) dan diringankan.

Menurut istilah ialah kalimat yang wajib dibaca panjang (6 harakat/6 alif) dan diringankan lantaran ada karakter mad yang diiringi karakter berharakat sukun dalam satu kata dan tidak diidghamkan.

Dalam Al-Quran yang merupakan teladan aturan bacaan ini hanya ada satu kata yaitu آلآن  . Dalam Al Qur’an bacaan ini tidak banyak, hanya ada pada beberapa daerah diantaranya tempat, Surat Yunus ayat 51 dan 91, lafalnya
أَثُمَّ إِذَا مَا وَقَعَ آمَنْتُمْ بِهِ ۚ آلْآنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهِ تَسْتَعْجِلُونَ (يونس:51

آلْآنَ وَقَدْ عَصَيْتَ قَبْلُ وَكُنْتَ مِنَ الْمُفْسِدِينَ (يونس:91

3. Mad Lazim Mutsaqqal Harfi.
Hukum bacaan mad lazim musaqqal harfi ini terjadi pada fawatihussuwar (huruf awal/pembuka surah). Tentu masih diingat perihal aturan bacaan mad lazim musaqqal, ciri utamanya ialah adanya mad yang bertemu tasydid atau diidighamkan. Karena terjadi pada fawatihussuwar, maka disebut mad lazim musaqqal harfi.

Adapun huruf fawatihussuwar (huruf awal/pembuka surah) sebagai berikut,
ن, ق, ص, ع, ل, س, ك, م yang dapat disingkat dengan lafal نقص عسلكم. Adapun panjang bacaanya yaitu 3 alif (6 harakat). Mad ini juga dapat disebut dengan ( مد لازم حرفي مشبع ).

Contoh : ‫الم‬–‫طسم‬–‫المص‬     

Kaprikornus mad lazim musaqqal harfi ialah karakter yang wajib dibaca panjang (6 harakat/6 alif) dan diberatkan, lantaran ada mad pada fawatihussuwar yang diiringi dengan karakter berharokat tasydid, cara membacanya diberatkan alasannya diidghamkan.

4. Mad Lazim Mukhaffaf Harfi.
Mad lazim musaqqal harfi ialah karakter yang wajib dibaca panjang (6 harakat/6 alif) dan dibaca ringan, lantaran ada mad pada fawatihussuwar yang tidak diiringi dengan karakter berharokat tasydid, cara membacanya diringankan alasannya tidak diidghamkan.

Contoh :    طه      يس     حم      الر   كٓهٰيٰـعٓـصٓ

Demikian uraian yang berkaitan dengan aturan bacaan mad lazim, baik mukhaffaf kilmi, musaqqal kilmi, mukhaffaf harfi, dan musaqqal harfi.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan perihal pengertian mad Lazim, macam-macam Mad Lazim dan Contoh Mad Lazim. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel