Pengertian Sunnah/Hadits Qauliyah Dan Pola Sunnah/Hadits Qauliyah

Sunnah Qauliyah adalah bentuk perkataan atau ucapan yang disandarkan kepada Nabi Muhammad Saw., yang berisi banyak sekali tuntunan dan petunjuk syarak, peristiwa-peristiwa atau kisah-kisah, baik yang berkenaan dengan aspek akidah, syariah maupun akhlak.

Dengan kata lain Sunnah Qauliyah yaitu sunnah Nabi Saw. yang hanya berupa ucapannya saja baik dalam bentuk pernyataan, anjuran, perintah cegahan maupun larangan. Yang dimaksud dengan pernyatan Nabi Saw. di sini yaitu sabda Nabi Saw. dalam merespon keadaan yang berlaku pada masa lalu, masa kininya dan masa depannya, adakala dalam bentuk obrolan dengan para sobat atau balasan yang diajukan oleh sobat atau bentuk-bentuk ain ibarat khutbah.

Dilihat dari tingkatannya sunnah qauliyah menempati urutan pertama yang berarti kualitasnya lebih tinggi dari kualitas sunnah fi’liyah maupun taqririyah. Contoh sunnah qauliyah:

a. Hadits perihal Doa Nabi Muhammad Saw. Kepada Orang yang Mendengar, Menghafal dan Menyampaikan Ilmu.

عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ نَضَّرَ اللَّهُ امْرَأً سَمِعَ مِنَّا حَدِيثًا فَحَفِظَهُ حَتَّى يُبَلِّغَهُ فَرُبَّ حَامِلِ فِقْهٍ إِلَى مَنْ هُوَ أَفْقَهُ مِنْهُ وَرُبَّ حَامِلِ فِقْهٍ لَيْسَ بِفَقِيهٍ

Dari Zaid bin Tsabit ia berkata, “Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Semoga Allah memperindah orang yang mendengar hadis dariku kemudian menghafal dan menyampaikannya kepada orang lain, berapa banyak orang memberikan ilmu kepada orang yang lebih berilmu, dan berapa banyak pembawa ilmu yang tidak berilmu.” (HR. Abu Dawud)

b. Hadits perihal Belajar dan Mengajarkan al-Qur’an.

عَنْ عُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Dari Utsman ra, dari Nabi saw., ia bersabda: “Orang yang paling baik di antara kalian yaitu seorang yang mencar ilmu al-Qur`an dan mengajarkannya.”. (HR. al-Bukhari)

c. Hadits perihal Persatuan Orang-orang Beriman.

Dari Abu Musa dia berkata; Rasulullah Saw. bersabda:

اْلمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَاْلبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

"Orang mukmin yang satu dengan mukmin yang lain bagaikan satu bangunan, satu dengan yang lainnya saling mengokohkan." (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan perihal pengertian sunnah/hadits qauliyah dan pola sunnah/hadits qauliyah. Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel