Hukum Bacaan Alif Lam

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu bentuk ibadah seorang muslim kepada Allah Swt. Sebagai ibadah, membaca Al-Qur’an dilarang kita lakukan dengan sesuka hati. Mengapa demikian? Hal ini alasannya terdapat aneka macam aturan untuk membaca Al-Qur’an. Aturan itu kita kenal sebagai aturan tajwid. Salah satu di antara aturan tajwid yang harus kita terapkan dikala membaca Al-Qur’an ialah aturan bacaan alif lam. Apa dan bagaimanakah aturan bacaan ini, mari kita pelajari bersama.

A. Bacaan Alif Lam

Salah satu aturan tajwid yang banyak terdapat dalam Al-Qur’an ialah bacaan alif lam. Alif lam ini melekat pada kata benda atau isim dalam bahasa Arab. Adanya alif lam pada kata benda mengatakan pengertian tertentu untuk benda yang dimaksud. Dalam ilmu tajwid, cara membaca lafal kata benda yang diawali alif dan lam ada dua. Kita bisa membaca alif lam syamsiyah atau alif lam qamariyah.

1. Bacaan Alif Lam Syamsiyah 
Bacaan alif lam syamsiyah terjadi jikalau alif lam makrifat diikuti oleh abjad syamsiyah. Huruf syamsiyah terdiri atas empat belas huruf, yaitu
an merupakan salah satu bentuk ibadah seorang muslim kepada Allah Swt Hukum Bacaan Alif Lam

 (As’ad Humam. 1995. Halaman 60). Cara membacanya, bunyi abjad lam melebur pada abjad sesudahnya. Contohnya pada ayat berikut ini.

Kalimat tersebut dibaca wat-tini waz-zaituni bukan wal-tini wal-zaituni. Alif lam pada ayat tersebut tidak dibaca dan pribadi masuk pada abjad ta sehingga dibaca wat-tini waz-zaituni. Dalam mushaf-mushaf Al-Qur’an yang beredar di Indonesia, lafal yang mengandung aturan bacaan alif lam syamsiyah biasanya diberi tanda tasydid. 

Perhatikan juga pada contoh-contoh berikut.
an merupakan salah satu bentuk ibadah seorang muslim kepada Allah Swt Hukum Bacaan Alif Lam

Alif lam pada contoh-contoh tersebut mengandung aturan bacaan alif lam syamsiyah alasannya alif lamnya bertemu dengan abjad ra, za, ta, nun, sad, dan syin. Huruf-huruf tersebut termasuk abjad syamsiyah.

2. Bacaan Alif Lam Qamariyah 
Bacaan alif lam qamariyah terjadi jikalau ada alif lam makrifat bertemu dengan abjad qamariyah. Huruf qamariyah terdiri atas empat belas abjad hijaiah, selain yang termasuk abjad syamsiyah, yaitu
an merupakan salah satu bentuk ibadah seorang muslim kepada Allah Swt Hukum Bacaan Alif Lam

(As’ad Humam. 1995. Halaman 60). Cara membacanya, lam dibaca jelas. Contohnya pada kata

Contoh tersebut dibaca al-qamaru bukan aqqamaru. Alif lam pada kata tersebut tetap terbaca dengan terang disusul oleh bunyi abjad qaf yang mengikutinya. Ciri khas untuk lafal yang mengandung aturan bacaan alif lam qamariyah ialah harakat sukun yang terletak di atas abjad alif lam. Perhatikanlah contoh-contoh berikut ini.
an merupakan salah satu bentuk ibadah seorang muslim kepada Allah Swt Hukum Bacaan Alif Lam


Mengapa Disebut Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qamariyah?

Kata asy-syamsiyah berasal dari kata kata Arab, yaitu syams yang berarti matahari. Kata asy-syamsiyah mengandung pengertian menyerupai matahari. Matahari mempunyai sinar yang terang dan tajam sehingga sinar-sinar yang lain kalah. Bacaan alif lam dinamakan alif lam syamsiyah alasannya keberadaan huruf-huruf syamsiyah seakan menghalangi keberadaan alif lam. Dengan demikian, alif lam pada aturan bacaan alif lam syamsiyah lebur ke dalam abjad syamsiyah.

Kata qamariyah berasa dari kata qamaru yang berarti bulan. Kata qamariyah mengandung makna menyerupai bulan. Keredupan bulan ini menciptakan cahaya lain bisa tampil mencolok dan mengalahkan cahaya bulan pada malam hari. Makna menyerupai bulan ini diterapkan dalam bacaan alif lam qamariyah. Adanya huruf-huruf qamariyah menjadikan bunyi alif lam tetap tampak. Suara alif lam tetap dibaca jelas.

B. Menerapkan Hukum Bacaan Alif Lam

1. Membedakan Bacaan Alif lam
Hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah berbeda. Perbedaan kedua bacaan tersebut terdapat pada beberapa hal sebagai berikut.

a. Huruf-Huruf Bacaannya
Huruf untuk alif lam syamsiyah dengan alif lam qamariyah berbeda. Empat belas abjad yang terdapat pada al-syamsiyah berbeda dengan empat belas abjad pada bacaan al-qamariyah. Dengan menghafal abjad tiap-tiap bacaan itu, kita sanggup membedakannya secara mudah. Agar tidak lupa coba bedakan kedua abjad berikut.

1) Huruf alif lam syamsiyah terdiri atas:

2) Huruf alif lam qamariyah terdiri atas:



b. Tanda Baca
Perbedaan lainnya di antara kedua aturan bacaan tersebut ialah tanda baca yang terdapat di atas abjad lam. Pada al-syamsiyah biasanya terdapat tanda harakat tasydid di atas abjad setelah alif lam. Berbeda dengan tanda baca al-qamariyah, biasanya mengguna- kan tanda baca sukun. Perhatikan kembali kedua pola berikut.

1) Alif lam syamsiyah bertanda tasydid contohnya
2) Alif lam qamariyah bertanda sukun contohnya

c. Cara Membaca
Cara membaca bacaan alif lam syamsiyah berbeda dengan alif lam qamariyah. Alif lam dalam bacaan alif lam syamsiyah dibaca lebur ke dalam abjad yang ditemui (huruf alif lam syamsiyah). Alif lam dalam bacaan alif lam qamariyah di baca terang atau tidak lebur ke dalam abjad yang ditemui (huruf alif lam qamariyah).

2. Menerapkan Hukum Bacaan Alif Lam
Untuk menerapkan aturan bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah, bacalah Surah asy-Syam [91] ayat 1–15. Bacalah secara sendiri- sendiri dengan memperhatikan tanda bacanya.



Untuk menguji kemampuan kalian dalam membaca aturan bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam syamsiyah, lakukan praktik membaca bersama sobat sebangku kalian dengan memperhatikan langkah-langkah berikut.
  1. Ajaklah sobat sebangku kalian untuk membaca Surah at-Tin [95] di bawah ini dengan keras.
  2. Evaluasilah bacaan tajwid dikala sobat kalian membaca ayat-ayatnya.
  3. Lakukan aktivitas ini secara bergantian dan ajaklah sobat kalian untuk mengevaluasi.
  4. Lakukan aktivitas ini sehingga kalian dan sobat kalian sanggup membaca Surah at-Tin dengan benar.

Setelah mempelajari aturan bacaan alif lam syamsiyyah dan alif lam qamariyah, kita perlu menerapkan dengan membiasakan hal-hal berikut ini.
  1. Membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an setiap hari dengan menciptakan target- sasaran tertentu.
  2. Membaca Al-Qur’an dengan bunyi keras dan makhraj abjad yang jelas.
  3. Memperhatikan aturan bacaan tajwid yang terdapat dalam ayat-ayat Al-Qur’an.
  4. Mendalami tata cara membaca aturan bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah.
  5. Melakukan pencarian contoh-contoh yang mengandung aturan bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qamariyah.
  6. Mengevaluasi kemampuan membaca Al-Qur’an dengan mengajak orang lain menyimaknya. 

Jawablah dengan tepat!

  1. Apakah makna yang ingin diambil dari penggunaan kata asy-syamsiyah dalam bacaan alif lam?
  2. Bilamanakah bacaan alif lam syamsiyah terjadi?
  3. Selain sin dan syin, abjad apakah yang termasuk kelompok abjad syamsiyah?
  4. Apakah tanda khas yang terdapat dalam bacaan alif lam syamsiyah?
  5. Bagaimanakah cara membaca tanda khas bacaan alif lam syamsiyah?
  6. Apakah yang dimaksud dengan bacaan alif lam qamariyah?
  7. Bagaimanakah cara membaca dikala kita bertemu dengan bacaan alif lam qamariyah?
  8. Berapakah jumlah abjad qamariyah? Sebutkan!
  9. Apakah bacaan alif lam yang terdapat dalam kata ”Allah” juga termasuk dalam aturan bacaan alif lam?
  10. Sebutkan masing-masing tiga pola bacaan alif lam syamsiyah dan bacaan alif lam qamariyah! 


Sumber : Pendidikan Agama Islam Kelas VII, Husni Thoyar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel