Al Qur’An Sebagai Kitab Suci Umat Islam


Kitab suci Al Qur’an yaitu kumpulan firman Allah swt. yang diturunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad saw. melalui Malaikat Jibril yang ditulis di mushaf. Al Qur'an sebagai kitab suci Umat Islam ini diriwayatkan dengan mutawatir dan membacanya termasuk ibadah. Al Qur’an harus kita imani lantaran Al Qur’an terjaga keasliannya hingga final zaman. Firman Allah swt. dalam Surah al-Hijr ayat 9 berikut ini:
 melalui Malaikat Jibril yang ditulis di mushaf Al Qur’an sebagai Kitab Suci Umat Islam
Artinya: ”Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur’an dan bekerjsama kami benar-benar memeliharanya.” (Q.S. al-Hijr/15: 9)

Al Qur’an sanggup dipakai sebagai pedoman, tuntunan dan petunjuk bagi seluruh umat manusia. Berkat Al Qur’an insan sanggup terus menyebarkan ilmu pengetahuan untuk memenuhi keperluan hidupnya, ibarat ilmu biologi, astronomi, dan lain-lain.

Kitab Al Qur’an yaitu kitab yang paling lengkap dan paling terakhir diturunkan kepada umat manusia. Karena tidak ada lagi kitab setelah Al Qur’an. Problem insan ketika itu tentu lebih banyak kalau dibandingkan dengan umat terdahulu. Oleh lantaran itu, Al Qur’an diturunkan sebagai kitab yang paling lengkap kalau dibanding kitab-kitab terdahulu. Oleh lantaran itu, pelajarilah Al Qur’an dan amalkanlah isi dan kandungannya.

Tugas

Seandainya kitab-kitab sebelum Al Qur’an pada ketika ini masih ada dan masih terpelihara keasliannya. Bagaimana berdasarkan pendapatmu?

Tahukah Kamu

Seorang jago bedah Prancis, Prof. Dr. Maurice Bucalle memeluk agama Islam secara diam-diam. Sebelumnya, ia membaca dalam Al Qur’an bahwa Firaun itu mati lantaran karam di maritim (dengan shock yang berat). Jasadnya oleh Allah swt. diselamatkan (QS.Yunus : 92). Ia mencari mumi Firaun itu. Setelah ketemu, dilakukannya bedah mayat.

Hasilnya menciptakan ia terheran-heran, lantaran sel-sel Firaun menawarkan bahwa kematiannya benar-benar lantaran karam di maritim dengan shock berat. Menemukan bukti ini ia yakin bahwa semua ayat-ayat Al Qur’an masuk logika dan mendorong sains untuk maju. Ia lantas memeluk agama Islam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel