Hukum Bacaan Nun Mati Dan Tanwin

Nun mati atau nun sukun yaitu nun yang berharakat sukun. Tanwin yaitu salah satu tanda baca pada abjad hijaiah. Tanwin ada tiga bentuk yaitu :

1. fathatain 

2. kasratain

3. dhammatain 

Mengenai bacaan tajwid yang ada dalam aturan nun mati/tanwin akan diuraikan berikut ini.

Macam-Macam Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin

Hukum bacaan nun mati/ tanwin terjadi kalau ada nun mati atau tanwin yang bertemu dengan huruf-huruf hijaiah. Cara membacanya sanggup dengan jelas, masuk pada abjad setelahnya, bermetamorfosis bunyi mim, atau samar-samar. Perbedaan cara membaca tersebut tergantung pada huruf-hurufnya.

Hukum bacaan nun mati dan tanwin, kalau menurut cara membaca dan huruf-hurufnya sanggup dibagi menjadi empat, yaitu bacaan izhar halqi, idgham bighunnah dan idgham bilaghunnah, iqlab, serta ikhfa.

Nun mati atau nun sukun yaitu nun yang berharakat sukun Hukum Bacaan Nun Mati dan Tanwin

a. Izhar Halqi 
Izhar secara bahasa berarti jelas. Artinya, membaca dengan terang atau mengeluarkan abjad dari makhrajnya tidak dengan men- dengung, samar-samar, ataupun masuk. Adapun kata halqi secara bahasa berarti tenggorokan. Huruf halqi yaitu abjad yang keluarnya bunyi berasal dari tenggorokan.

Dengan pemahaman di atas, izhar halqi yaitu membaca nun mati atau tanwin dengan bunyi terang kalau bertemu dengan lima huruf, yaitu :

Contoh bacaan yang mengandung Izahar Halqi ialah :

b. Idgham
Idgham secara bahasa berarti masuk. Dalam pembahasan tajwid, idgam berarti membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan melebur masuk ke dalam abjad berikutnya. Hukum bacaan idgham untuk potongan tanwin dan nun mati ini sanggup dibagi menjadi dua, yaitu idgham bigunnah dan idgham bilaghunnah.

1) Idgham Bighunnah
Bacaan idgham bihgunnah terjadi kalau ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu abjad hijaiah yang empat, yaitu ya, nun, mim, dan wau
Cara membacanya yaitu bunyi nun mati/tanwin dengan masuk dan mendengung. Contoh- bacaan idgam bigunnah sebagai berikut.
Hukum bacaan idgham bighunnah dibaca masuk dan mendengung dengan syarat berada dalam dua kata. Akan tetapi, kalau nun sukun atau tanwin bertemu dengan abjad idgam bigunnah dalam satu kata, harus dibaca jelas. Ada empat lafal dalam Al-Qur’an yang menawarkan ciri-ciri demikian, yaitu untuk lafal sebagai berikut.

2) Idgham Bilaghunnah
Bacaan idgham bilaghunnah terjadi kalau ada nun mati atau tanwin bertemu dengan abjad lam dan ra. Cara membacanya ialah masuk tanpa mendengung. Jadi, nun mati/ tanwin dibaca masuk ke dalam abjad lam atau ra tanpa mendengung.


c. Iqlab 
Iqlab artinya mengganti. Hukum bacaan iqlab terjadi kalau nun mati atau tanwin bertemu dengan abjad ba. Cara membacanya dengan mengganti bunyi bunyi tanwin atau nun mati dengan bunyi mim. Contoh,

d. Ikhfa Haqiqi
Ikhfa secara bahasa berarti sama-samar. Bacaan ikhfa haqiqi terjadi kalau ada tanwin atau nun mati bertemu dengan ke-15 abjad ikhfa. Kelima belas abjad ikhfa haqiqi yaitu
Cara membaca bacaan ikhfa haqiqi ialah bunyi nun mati dan tanwin samar-samar. Contoh,
Bacaan nun mati dan tanwin sering ditemukan dalam ayat Al-Qur’an. Untuk lebih memahami, kalian diajak mencari contoh-contoh empat aturan bacaan, yaitu izhar halqi, idgam, iqlab, dan ikhfa dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Temukan masing-masing aturan bacaan tersebut empat rujukan dengan menawarkan surah dan ayatnya dalam Al-Qur’an.

Penerapan Hukum Bacaan Nun Mati/Tanwin

Bacaan nun mati/tanwin telah kalian pelajari dan pahami. Di dalam aturan bacaan nun mati/tanwin terdapat empat bacaan tajwid. Pemahaman kalian terhadap aturan bacaan nun mati/tanwin harus kalian terapkan dalam keseharian pada ketika membaca Al-Qur’an. Bacalah Surah al-Bayyinah [98] ayat 1–5 dengan menerapkan aturan bacaan nun mati/tanwin.
Nun mati atau nun sukun yaitu nun yang berharakat sukun Hukum Bacaan Nun Mati dan Tanwin

Terapkan aturan bacaan nun mati atau tanwin dalam membaca Surah al-Humazah [104] ayat 1–9. Perhatikan dengan saksama aturan bacaan nun sukun atau tanwin, tetapi jangan lupa memperhatikan makhraj hurufnya.
Nun mati atau nun sukun yaitu nun yang berharakat sukun Hukum Bacaan Nun Mati dan Tanwin

Sumber : Pendidikan Agama Islam Kelas VII, Husni Thoyar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel