Macam-Macam Kejujuran Berdasarkan Tempatnya

Tahukah kalian macam-macam Kejujuran itu ?

Menurut tempatnya, jujur itu ada beberapa macam, yaitu (1) jujur dalam hati atau niat, (2) jujur dalam perkataan atau ucapan, dan (3) jujur dalam perbuatan. 

1. Jujur dalam hati atau niat

Jujur dalam niat dan kehendak, yaitu motivasi bagi setiap gerak dan langkah seseorang dalam rangka menaati perintah Allah Swt. dan ingin mencapai ridha-Nya. Jujur gotong royong berbeda dengan akal-akalan jujur. Orang yang akal-akalan jujur berarti tidak nrimo dalam berbuat. 

2. Jujur dalam perkataan atau ucapan

 yaitu motivasi bagi setiap gerak dan langkah seseorang dalam rangka menaati perintah Alla Macam-macam Kejujuran Menurut TempatnyaJujur dalam ucapan, artinya memberitakan sesuatu sesuai dengan realitas yang terjadi, kecuali untuk hal-hal yang berkaitan dengan kemaslahatan yang dibenarkan oleh syari’at ibarat dalam kondisi perang, mendamaikan dua orang yang bersengketa, dan semisalnya. Setiap hamba Allah Swt. berkewajiban menjaga lisannya, yakni berbicara jujur dan dianjurkan menghindari kata-kata sindiran alasannya yakni hal tersebut sepadan dengan kebohongan, kecuali jikalau sangat diharapkan dan demi kemaslahatan pada saat-saat tertentu, tidak berkata kecuali dengan benar dan jujur. Benar/jujur dalam ucapan merupakan salah satu jenis kejujuran yang paling tampak dan jelas di antara macam-macam kejujuran. 

3. Jujur dalam perbuatan

Jujur dalam perbuatan, artinya seimbang antara lahiriah dan batiniah sampai tidaklah berbeda antara amal lahir dan amal batin. Jujur dalam perbuatan juga berarti melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan yang diridhai oleh Allah Swt. dan melaksanakannya secara terus-menerus serta dengan niat yang ikhlas.

Merealisasikan kejujuran, baik jujur dalam hati, jujur dalam perkataan, atau jujur dalam perbuatan membutuhkan tekad berpengaruh dan kesungguhan. Adakalanya kehendak untuk jujur itu lemah, kadangkala pula menjadi kuat. Menurut objeknya, jujur itu ada beberapa macam, yaitu (1) jujur kepada Allah Swt., (2) jujur kepada orang lain, dan (3) jujur kepada diri sendiri.


 yaitu motivasi bagi setiap gerak dan langkah seseorang dalam rangka menaati perintah Alla Macam-macam Kejujuran Menurut Tempatnya

Contoh-contoh soal mengenai macam-macam kejujuran :
  1. Identifikasilah jenis-jenis kejujuran di lingkungan sekitarmu, baik di rumah maupun di sekolah atau di lingkungan masyarakat, termasuk kategori kejujuran yang manakah?
  2. Jelaskan hubungannya antara sikap jujur yang telah diamati dengan jawaban yang ditimbulkan!
  3. Buatlah pola sikap jujur kepada Allah Swt., kepada orang lain, dan kepada diri sendiri!
  4. Carilah dalil naqli atau dalil aqli wacana perintah jujur kepada Allah Swt., kepada orang lain, dan kepada diri sendiri!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel