Pengertian Khutbah, Tabligh, Dan Dakwah


Makna khutbah, tabligh, dan dakwah kurang lebih sama, yaitu memberikan pesan kepada orang lain. Secara etimologi (lughawi/bahasa), makna ketiganya sanggup diuraikan sebagai berikut.

1. Pengertian Khutbah


Khutbah berasal dari kata: khataba - yakhtubu - khutbah, bermakna memberi hikmah dalam suatu aktivitas ibadah seperti; shalat (shalat Jumat, Idul Fitri, Idul Adha, Istisqo, Khusuf, Kusuf), wukuf, dan nikah. Menurut istilah, khutbah berarti aktivitas ceramah kepada sejumlah orang muslim dengan syarat dan rukun tertentu yang berkaitan pribadi dengan keabsahan atau kesunahan ibadah. Misalnya khutbah Jumat untuk shalat Jum'at, khutbah nikah untuk kesunahan kesepakatan nikah. Khutbah diawali dengan hamdallah, salawat, wasiat taqwa, serta doa.

2. Pengertian Tabligh

Tabligh berasal dari kata: ballagha - yuballighu - tabliighan yang berarti menyampaikan, atau memberitahukan dengan lisan. Menurut istilah, tabligh yakni aktivitas memberikan ‘pesan' Allah Swt. secara verbal kepada satu atau lebih orang Islam untuk diketahui dan diamalkan isinya. Misalnya, Rasulullah saw. memerintahkan kepada sahabat yang tiba di majlisnya untuk memberikan suatu ayat kepada sahabat lain yang tidak hadir. Dalam pelaksanaan tabligh, seorang mubaligh (yang memberikan tabligh) biasanya memberikan tabligh-nya dengan gaya dan retorika yang menarik. Ada pula istilah tabligh akbar yang sering kita dengar, yaitu aktivitas memberikan “pesan” Allah Swt. dalam jumlah pendengar yang cukup banyak.

 yaitu memberikan pesan kepada orang lain Pengertian Khutbah, Tabligh, dan Dakwah
3. Pengertian Dakwah

Dakwah berasal dari kata: da'aa - yad'uu - da'watan (da'wah) yang berarti memanggil, menyeru, atau mengajak pada sesuatu hal. Menurut istilah, dakwah yakni aktivitas mengajak orang lain, seseorang atau lebih ke jalan Allah Swt. secara verbal atau perbuatan. Di sini dikenal adanya da'wah billisan dan da'wah bilhal. Kegiatan dakwah bukan hanya ceramah, tetapi juga agresi sosial yang nyata. Misalnya, proteksi kepada anak yatim, sumbangan untuk membangun akomodasi umum, membersihkan lingkungan, dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel