5 Istilah-Istilah Tasawuf

Harun Nasutian beropini bahwa istilah-istilah tasawuf dibagi menjadi lima diantaranya :

1. Ahl as-suffah (orang yang pindah).
Ahl as-suffah (orang yang pindah) Artinya orang yang ikut pindah dengan Rasulullah saw dari Mekah ke Madinah. Ada kata lain Suffah artinya serambi daerah duduk ialah serambi masjid Nabawi di Madinah yang disediakan untuk orang-orang yang belum memiliki daerah tinggal dari kalangan Muhajirin di masa Rasululloh saw. Mereka biasa dipanggil jago suffah (pemilik serambi) sebab diserambi masjid itulah mereka bernaung.

2. Saff (Barisan).
Saff (Barisan) Artinya barisan maksudnya kaum sufi memiliki kepercayaan kuat, jiwa bersih, tulus dan senantiasa menentukan barisan yang paling depan dalam sholat berjamaah.

3. Sufi (Suci ).
Sufi (Suci ) Artinya suci lahiriyah maupun bathiniyah.

4. Sophos (Kebijaksanaan).
Sophos (Kebijaksanaan) Artinya budi maksudnya perilaku mental yang selalu memelihara kesucian diri, beribadah, hidup sederhana, rela berkorban untuk kebaikan dan selalu bersikap bijaksana.

5. Suf (Bulu domba).
Suf (Bulu domba) Disebut suf sebab banyak orang sufi yang bahagia menggunakan pakaian yang terbuat dari bulu domba yang bergairah sebagai lambang akan kerendahan hati mereka, juga untuk menghindari perilaku sombong di hatinya disamping untuk menenangkan jiwa. Serta meninggalkan usaha-usaha yang bersifat duniawi.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan perihal lima Istilah-istilah Tasawuf. Sumber Buku Akhlak Kelas XI MA Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel