Cara Mandi Wajib Yang Benar


Ada beberapa penyebab yang sehabis nya kita harus segera melaksanakan mandi wajib atau mandi junub, salah satu misalnya sebab berafiliasi suami istri. Oleh sebab hukumnya ialah wajib maka sudah seharusnya kita mengetahui cara mandi wajib yang benar.

Pada dasarnya mandi wajib atau mandi junub sangat gampang sekali syaratnya, yaitu niat dan membasahi seluruh badan tanpa kecuali. Namun, disamping itu tentu saja ada tata cara yang sunnah, sehingga mandi wajib tersebut lebih sempurna. 

Tata cara mandi wajib yang benar ialah sebagai berikut:

1. Niat.
Ingat niat tidak harus selalu dilafazkan, niat ialah sesuatu yang tertanam dalam hati kita untuk melakukannya dan sebab Allah Subhanawata'ala. Namun, bila kita lupa berniat diawal mandi, maka mandi wajib yang kita lakukan tidak sah.

2. Membasuh kedua telapak tangan 3 kali.
3. Membasuh wajah 3 kali.
4. Membasuh kemaluan, tidak cukup dengan 3 kali namun dicuci sampai bersih.
5. Wudhu sempurna, sebagaimana layaknya wudhu dikala akan sholat.
Mengenai wudhu, ada beberapa pendapat bahwa penggalan ni boleh dilewatkan dan cukup wudhu diakhir mandi yang sekaligus diniatkan untuk wudhu sholat.

6. Membasuh penggalan kepala sebelah kanan.
Yaitu dengan cara mengambil air dengan jari ataupun telapak tangan kanan, kemudian mengusapkannya ke penggalan rambut sebelah kanan sampai terasa air nya di kulit kepala.

7. Menyiram sisi kanan badan sebelah kanan sebanyak 3 kali.
8. Lanjutkan ibarat mandi biasa dengan memakai sabun ataupun shampo.

Demikian cara mandi wajib yang benar, mudah-mudahan kita sanggup mengamalkannya. Terimakasih sudah membaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel