6 Hikmah Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah Swt

Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt merupakan rukun kepercayaan yang ke empat dari enam rukun iman. Iman kepada Rasul berarti meyakini bahwa rasul itu benar-benar utusan Allah Swt. yang ditugaskan untuk membimbing umatnya ke jalan yang benar semoga selamat di dunia dan akhirat.

Rasul yaitu insan pilihan yang diberi wahyu oleh Allah Swt untuk dirinya sendiri dan mempunyai kewajiban untuk memberikan kepada umatnya. Seluruh rasul mempunyai sifat yang sangat terpuji dan terhindar dari sifat-sifat tercela.

Mengimani Rasul-rasul Allah Swt. merupakan kewajiban hakiki bagi seorang muslim lantaran merupakan cuilan dari rukun kepercayaan yang tidak sanggup ditinggalkan. Sebagai perwujudan kepercayaan tersebut, kita wajib mendapatkan pemikiran yang dibawa rasulrasul Allah Swt. tersebut. Perintah beriman kepada Rasul Allah Swt terdapat dalam surah an-Nisa’: 136.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitabNya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh. (QS. an-Nisa’: 136)

Pentingnya orang Islam beriman kepada Rasul Allah Swt bukan tanpa alasan. Di samping lantaran diperintahkan oleh Allah Swt., juga ada manfaat dan pesan tersirat yang sanggup diambil dari beriman kepada Rasul. Di antara manfaat dan pesan tersirat beriman kepada Rasul yaitu sebagai berikut.

1. Makin Sempurna Imannya.
Orang yang beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. Akan tepat keimanannya, alasannya beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt merupakan salah satu Rukun kepercayaan yang wajib di imani.

2. Terdorong untuk Menjadikan Contoh dalam Hidupnya.
Orang yang betul-betul beriman kepada Rasul Allah Swt. Akan terdorong untuk menyebabkan Rasul Allah Swt sebagai rujukan dalam kehidupannya. Sebab beriman kepada Rasul Allah Swt bukan hanya sekedar wajib di percaya saja. Akan tetapi Rasul Allah Swt merupakan rujukan yang baik untuk kita semua dan ynag harus kita contoh.
Baca Juga:


3. Terdorong untuk Melakukan Perilaku Sosial yang Baik.
Para Nabi dan Rasul Allah Swt semuamya mempunyai sifat sosial yang tinggi. Oleh alasannya itulah orang yang beriman kepada Rasul Allah Swt akan sendirinya terdorong untuk melaksanakan sikap sosial dalam kehidupan sehari-harinya.

4. Memiliki Teladan dalam Hidupnya.
Firman Allah Swt:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari selesai zaman dan yang banyak mengingat Allah”. (QS. al-Ahzab: 21)

5. Mencintai para Rasul dengan Cara Mengikuti dan Mengamalkan Ajarannya.
Firman Allah Swt.:

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya : “Katakanlah (Muhammad), “Jika kau menyayangi Allah, ikutilah aku, pasti Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Ali Imran: 31)

6. Mengetahui Hakikat Dirinya Bahwa Ia di Ciptakan Allah Swt. untuk Mengabdi Kepada-Nya. Firman Allah Swt.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Artinya: “Aku tidak membuat jin dan insan melainkan semoga mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. aẓ-Ẓariyat: 56)

Demikianlah sobat bacaan madani ulasan perihal pesan tersirat beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. Semoga dalam kehidupan kita selalu sanggup mencontoh atau megerjakan apa yang telah di contohkan oleh Rasulullah. Aamiin. Terima kasih atas kunjungannya. Kunjungilah Selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel