Perilaku Orang Yang Berpegang Teguh Pada Al Qur’An

Al-Qur’an yaitu kitab suci yang diturunkan oleh Allah Swt kepada Rasulullah Saw melalui mediator malaikat Jibril untuk disampaikan kepada insan sebagai petunjuk dan pedoman hidup.

Al-Qur`an yaitu peta dan petunjuk kehidupan. Hidup dalam sinaran petunjuk al-Qur’an dan mematuhi ketentuan-ketentuannya merupakan kunci untuk mendapat keselamatan dan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

Al-Qur’an merupakan sumber aliran Islam yang pertama. Setiap muslim berkewajiban untuk berpegang teguh kepada hukum-hukum yang terdapat di dalamnya biar menjadi insan yang taat kepada Allah Swt., yaitu mengikuti segala perintah Allah Swt. dan menjauhi segala larangnannya.

Al-Qur’an memuat banyak sekali pedoman dasar bagi kehidupan umat manusia. Kita sebagai seorang Muslim harus meyakini tuntunan yang berkaitan dengan keimanan/akidah, yaitu ketetapan yang berkaitan dengan iman kepada Allah Swt., Malaikat-malaikat, Kitab-kitab, Rasul-rasul, Hari akhir, serta Qadha dan Qadar.

Adapun sikap orang yang selalu berpegang teguh pada Al-Qur'an sebagai berikut,

1. Sebagai seseorang muslim yang berpegang teguh kepada al-Qur’an kita harus mempunyai akal pekerti yang luhur lantaran al-Qur’an berisikan tuntunan yang berkaitan dengan akhlak, yaitu aliran biar orang Muslim memilki akal pekerti yang baik serta etika kehidupan.

2. Sebagai seorang muslim yang berpegang teguh kepada al-Qur’an kita harus melakukan ibadah lantaran al-Qur’an berisikan tuntunan yang berkaitan dengan ibadah, yakni shalat, puasa, zakat, haji dan lain sebagainya.

3. Sebagai seorang muslim yang berpegang teguh kepada al-Qur’an kita harus bergaul dengan sesama dengan baik lantaran al-Qur’an berisi tuntunan yang berkaitan dengan amal perbuatan insan dalam masyarakat.

4. Sebagai seorang muslim selalu meningkatkan ketaqwaannya kepada Allah Swt setiap saat.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan perihal sikap orang yang berpegang teguh pada Al Qur’an. Mudah-mudahan kita selalu berpegang teguh dengan Al-Qur’an serta selalu mengakibatkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Aamiin. Sumber, Al-Qur’an Hadits, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel