Pengertian Dan Perbedaan Antara Aturan Taklifi Dengan Aturan Waḍ’I

Pengertian aturan taklifi : yaitu firman Allah Swt yang bekerjasama dengan perbuatan mukallaf yang menghendaki tuntutan untuk melaksanakan atau menjauhi atau untuk menciptakan pilihan. Di namakan aturan taklifi lantaran adanya pembebanan atau tuntutan kepada manusia.

pada umumnya ulama setuju membagi aturan tersebut kepada lima potongan menyerupai telah disebut di atas. Kelima macam aturan itu menjadikan pengaruh terhadap perbuatan mukallaf dan pengaruh itu oleh ulama fikih dinamakan al-aḥkam al-khamsah, yaitu, Wajib, Sunah, Haram, Makruh dan Mubah.

Pengertian aturan waḍ’i : Yaitu firman Allah Swt yang bekerjasama dengan perbuatan mukallaf yang menjadikan sesuatu sebagai lantaran adanya yang lain, sebagai syarat adanya yang lain dan sebagai penghalang adanya yang lain.

Dari pengertian di atas maka aturan waḍ’i terbagi menjadi sebab, syarat, dan mani’ namun sebagian ulama memasukan sah, batal, azīmah dan rukhṣah sebagai potongan dari aturan waḍ’i.

Perbedaan Hukum Taklifi dengan Hukum Taklifi.
Dari uraian sebelumnya sanggup dilihat perbedaan antara aturan taklifi dan aturan waḍ'i dari dua hal:

1. Dilihat dari sudut pengertiannya, aturan taklifi ialah aturan Allah Swt yang berisi tuntutan-tuntutan untuk berbuat atau tidak berbuat suatu perbuatan, atau membolehkan menentukan antara berbuat dan tidak berbuat. Sedangkan aturan waḍ’i tidak mengandung tuntutan atau memberi pilihan, hanya membuktikan sabab atau halangan (mani’) suatu hukum, sah dan batal

2. Dilihat dari sudut kemampuan mukallaf untuk memikulnya, aturan taklifi selalu dalam kesanggupan mukallaf, baik dalam mengerjakan atau meninggalkannya. Sedangkan aturan waḍ’i adakala sanggup dikerjakan (disanggupi) oleh mukallaf dan adakala tidak

Demikianlah sahabat www.bacaanmadani.com supaya bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel