Pengertian Akhlak, Dalil, Macam-Macam Metode Meningkatkan Etika Dan Hikmah Peningkatan Akhlak

Pengertian Akhlak.
Akhlak berasal dari bahasa Arab yakni sopan santun yang merupakan bentuk jama’ dari “Khuluq”yang berarti as-Sajiyah (perangai), at ̣-ṭabi’ah (kelakuan, tabiat, watak dasar), al-marū’ah (peradaban yang baik), dan al-din (agama).

Sedangkan berdasarkan istilah, sopan santun didefinisikan oleh beberapa hebat sebagai berikut:

a) Al-Ghazali beropini bahwa, "segala sifat yang tertanam dalam hati yang menjadikan kegiatan-kegiatan dengan ringan dan gampang tanpa memerlukan pemikiran tanpa pertimbangan."

b) Ibnu Maskawih beropini kitabnya Tahdzibul Akhlaq bahwa sopan santun adalah: "sikap jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melaksanakan perbuatan-perbuatan tanpa melalui pertimbangan (terlebih dahulu)."

Dari definisi-definisi di atas, baik definisi yang dikemukakan oleh Al-Ghazali mapun Ibnu Miskawaih, keduanya menitikberatkan bahwa sopan santun itu sesuatu yang instingtif dan mekanik. Maksud dari instingtif dan mekanik yaitu dalam pelaksanannya sopan santun tak membutuhkan petimbangan apapun.

Dalil Naqli perihal Akhlak.

Ayat al-Qur’an yang menjelaskan sopan santun yaitu :

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

"Dan Sesungguhnya kau benar-benar berbudi pekerti yang agung." (QS. al-Qalam: 4)

Firman Allah Swt dalan Surat Al-Aḥzab ayat :21

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari simpulan zaman dan dia banyak menyebut Allah." (QS. Al-Aḥzab :21)

Berdasarkan uraian diatas sanggup diambil pengertian sopan santun yaitu sifat yang tertanam dalam jiwa sehingga seseorang sanggup menilai perbuatan baik atau buruk, kemudian mendorong untuk melaksanakan perbuatan-perbuatan tanpa melalui pertimbangan.

Macam-macam Metode Peningkatan Kualitas Akhlak.

Imam Al-Ghazali berpendapat, bahwa metode-metode yang bisa dipakai untuk meningkatkan kualitas sopan santun seseoarang antara lain adalah:

1) Metode Taat Syari’at.
Metode ini berupa pembenahan diri, yakni membiasakan diri dalam hidupsehari-hari untuk melaksanakan kebajikan dan hal-hal bermanfaat sesuai dengan ketentuan syari’at, aturan-aturan negara, dan norma-norma kehidupan bermasyarakat.

Disamping itu berusaha untuk menjauhi hal-hal yang dihentikan syara’ dan hukum -aturan yang berlaku. Metode ini sederhana dan sanggup dilakukan oleh siapa saja dalam kehidupan sehari-hari. Hasilnya akan berkembang sikap dan sikap faktual menyerupai ketaatan pada agama dan norma-norma masyarakat, hidup damai dan wajar,senang melaksanakan kebajikan, pandai beradaptasi dan bebas dari permusuhan.

Cara menerapkan metode tersebut adalah: 

a) Membiasakan diri untuk selalu melaksanakan kebaikan dan menjauhi yangdi larang syara’.

b) Menjauhi permusuhan.

c) Membiasakan diri untuk menyesuaikan dengan lingkungan.

2) Metode Pengembangan Diri.
Metode yang bercorakpsikoedukatifini didasari oleh kesadaran ataskekuatan dan kelemahan diri yang kemudian melahirkan impian untuk meningkatkan sifat-sifat baik dan sekaligus menghilangkan sifat-sifat buruk.

Dalam pelaksanaannya dilakukan pula proses pembiasaan (conditioning) sepertipada “metode taat syari’at” ditambah dengan upaya meneladani perbuatan dari pribadi-pribadi yang dikagumi.

Membiasakan diri dengan cara hidup menyerupai ini secara konsisten akan menyebarkan kebiasaan-kebiasaan dan sifat-sifat terpuji yang terungkap dalam kehidupan pribadi dan kehidupan bermasyarakat.

Metode ini gotong royong menyerupai dengan metode pertama, hanya saja dilakukan secara lebih sadar, lebih disiplin dan intensif serta lebih personal sifatnya daripada metode pertama.

Cara menerapkan metode pengembangan diri ini adalah: 

a) Berupaya meneladani perbuatan-perbuatan terpuji.
b) Membiasakan konsisten untuk melaksanakan kebiasaan terpuji.
c) Berusaha meningkatkan potensi diri.

3) Metode Kesufian.
Metode ini bercorak spiritual-religius dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pribadi mendekati gambaran Insan Ideal (insan kamil). Pelatihan disiplin diriini berdasarkan Al-Ghazāli dilakukan melalui dua jalan yakni al-mujāhadah dan al-riyādāh. Al-Mujāhadah yaitu perjuangan sungguh-sungguh untuk menghilangkan segala kendala pribadi (harta, kemegahan, taklid, maksiat). Al-Riyāḍāh yaitu latihan mendekatkan diri pada Allah dengan selalu berusaha meningkatkan kualitas ibadah.

Kegiatan sufistik ini berlangsung dibawah bimbingan seorang Guru yang benar–benar berkualitas dalam hal ilmu, kemampuan dan wewenangnya sebagaiMursyid.


Diantara ketiga metode tersebut, metode kesufian dianggap tertinggi oleh Al-Ghazāli dalam proses peningkatan derajat keruhanian, khususnya dalam meraih ahlak terpuji.

Cara menerapkan metode ini adalah:

a) Membiasakan bersifat zuhud.
b) Melakukan riyāḍah/ mendekatkan diri pada Tuhan.
c) Meningkatkan kualitas ibadah.

Demikian beberapa metode dan cara penerapannya, biar dengan caracara tersebut, perjuangan kita semua dalam upaya meningkatkan kualitas sopan santun terpuji khususnya kepada penerima didik sanggup berhasil sesuaidengan tujuan yang kita harapkan bersama.

Contoh Orang yang Memiliki Kualitas Akhlak.

Kehidupan Ali bin Abi Thalib as dan Fatimah az-zahra merupakan teladan dan teladan bagi kehidupan suami istri yang bahagia. Ali senantiasa membantu Fatimah dalam pekerjaan-pekerjaan rumah tangganya. Begitu pula sebaliknya, Fatimah selalu berupaya untuk mencari keridaan dan kerelaan Ali, serta senantiasa menawarkan rasa besar hati kepada suaminya. Pembicaraan mereka penuh dengan sopan santun dan sopan santun. “Ya binta Rasulillah”; wahai putri Rasul, yaitu panggilan yang biasa dipakai Imam Ali setiap kali ia menyapa Fatimah. Sementara Sayidah Fatimah sendiri menyapanya dengan panggilan “Ya Amir al-Mukminin”; wahai pemimpin kaum mukmin. Demikianlah kehidupan Imam Ali as dan Sayidah Fatimah ra. Keduanya yaitu teladan bagi kedua pasangan suami-istri, atau pun bagi orang bau tanah terhadap anak-anaknya.

Hikmah Peningkatan Kualitas Akhlak.

Adapun pesan yang tersirat peningkatan kualitas sopan santun yaitu sebagai berikut ;

1. Dapat membiasakan diri untuk selalu melaksanakan kebaikan dan menjauhi yang di larang syara’.

2. Dapat meningkatkan kemampun baik yang ada pada diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Dapat berintraksi sosial diri untuk menyesuaikan dengan lingkungan.

4. Dapat menjauhkan diri dari perbuatan permusuhan diantaranya.

5. Dapat melaksanakan dan meningkatkan kualitas ibadah maghdah maupun ghairu mahdah.

Perilaku Orang Yang Meningkatkan Kualitas Akhlak.
Dengan memahami pedoman Islam mengenai metode peningkatan kualitas sopan santun maka seharusnya kita mempunyai sikap sebagai berikut :

1. Memahami metode-metode yang bisa meningkatkan kualitas sopan santun seseoarang dan cara penerapannya Berbakti kepada orang bau tanah dengan semaksimal mungkin contohnya dengan cara merawatnya jikalau dia sudah bau tanah dan berkata dengan perkataan yang baik;

2. Mengetahui teladan orang yang mempunyai kualitas akhlak.

3. Mengidentifikasi pesan yang tersirat dan kualitas peningkatan akhlak.

4. Menghiasi sopan santun dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan perihal pengertian akhlak, dalil, macam-macam metode meningkatkan sopan santun dan pesan yang tersirat peningkatan sopan santun kualitas akhlak. Sumber Buku Akhlak kementerian Agama republik Indonesia, 2015. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com biar bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel