Soal Ujian Semester Ganjil Al-Qur'an Hadits Objektif Dan Essay Kelas 9 Mts

Pilihan jawaban yang paling benar!

1 Suatu kalimat disebut dengan bacaan mad shilah qashirah apabila ....

a. ada mad bertemu dengan ha’ dlamir
b. terdapat ha’ dhamir bertemu hamzah
c. ada ha’ dhamir tidak bertemu hamzah
d. harakat sukun didahului oleh hamzah dlamir

2 Ketentuan aturan bacaan mad silah thowilah adalah....
a. apa jikalau terdapat  hamzah  bertemu alif
b. apabila alif didahului oleh hamzah dlamir
c. apabila ada mad bertemu dengan ha’ dlamir
d. apabila ada mad silah qashirah bertemu hamzah

3 Perhatikanlah potongan ayat-ayat berikut
1. فَهُوَ فِي عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍ
2. وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهُ
3. فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ
4. وَمَاأَدْرَاكَ مَاهِيَهْ

Bacaan mad silah qasirah pada ayat ialah ....
a. 1.              b. 2               c.  3               d.  4

4. Perhatikan ayat berikut!

وَلاَيُوثِقُ وَثَاقَهُ أَحَدُ

Cara membaca ayat yang bergaris bawah tersebut ialah dengan....
a. ditahan 4 harakat.
b. ditekan dan ditahan.
c. panjang 2 harakat.
d. panjang 5 harakat.

5. Suatu lafadz kalimat disebut dengan bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi apabila ada....
a. karakter mad yang diikuti harakat tasydid dan diidzghamkan.
b. karakter mad yang diikuti harakat sukun dan diidzghamkan.
c. karakter mad yang tidak diikuti harakat tasydid dan diidzghamkan.
d. karakter mad yang diikuti harakat sukun dan  tidak diidzghamkan.

6. Bacaan mad lazim mutsaqqol kilmi  adalah  apabila ada mad bertemu dengan ....
a.   sukun di lain  kata dan di-idzgham-kan.
b.  tasydid di satu kata dan di-idzgham-kan.
c.  sukun  dalam satu  kata dan di-idzgham-kan.
d.  tasydid di satu kata dan tidak di-idzgham-kan.

7 Perhatikanlah kalimat-kalimat berikut ini!
1. ءَآلْئَانَ وَقَدْ كُنتُم بِهِ تَسْتَعْجِلُونَ
2. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
3. فَإِذَا جَآءَتِ الطَّآمَّةُ الْكُبْرَى. 
4. إِنَّمَآ أَنتَ مُنذِرُ مَن يَخْشَاهَا

Diantara kalimat tersebut yang termasuk bacaan mad lazim mukhoffaf kilmi  ialah ....
a. (4)         b. ( 3)      .       c. (2)              . d. (1)

8 Perhatikanlah kalimat-kalimat berikut ini!
1. ءَآلْئَانَ وَقَدْ كُنتُم بِهِ تَسْتَعْجِلُونَ
2. قُلْ ءَآلذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ أَمِ اْلأُنثَيَيْنِ
3. فَإِذَا جَآءَتِ الطَّآمَّةُ الْكُبْرَى. 
4. وَلاَ يُوْثِقُ وَثاَقَهُ اَحَدٌ

Diantara kalimat tersebut yang terdapat bacaan mad farqi  ialah ....
a. (1)         b. ( 2)      .       c. (3)              . d. (4)

9. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!:
1. وَالسَّمَآءِ ذَاتِ الْبُرُوجِ
2. وَحَدَآئِقَ غُلْبًا
3. أَنْ جَآءَهُ اْلأَعْمَى. 
4. وَوَجَدَكَ ضَآالاًّفَهَدًى

Diantara kalimat tersebut yang mengandung aturan bacaan mad lazim musaqqol kilmi ialah ....
a. (4)         b. ( 3)      .       c. (2)              . d. (1)

10. Perhatikan dengan seksama ayat berikut :

قُلْ ءَآللهُ أَذِنَ لَكُمْ...

Cara membaca kalimat yang bergaris bawah tersebut adalah:
a. panjang 1 alif  dan tidak diidzghamkan.
b. panjang  2 alif dan tidak diidzghamkan.
c. panjang  3 alif dan diidzghamkan.
d. panjang  4 alif dan diidzghamkan.

11. Cermatilah ayat berikut!

وَإِذَا رَأَوْهُمْ قَالُوا إِنَّ هَآؤُلآَءِ لَضّآلُّونَ

Cara membaca bacaan kalimat yang bergaris bawah berikut ialah ....

a. panjang  4 alif dan bunyi diringankan dan diidzghamkan.
b. panjang  3 alif bunyi di beratkan dan diidzghamkan.
c. panjang  2 alif bunyi diringankan dan diidzghamkan.
d. panjang  1 alif bunyi di beratkan dan diidzghamkan.

12. Perhatikanlah ayat berikut!

وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهُ {8} فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ {9}

Isi kandungan dari ayat berikut ialah ….
a. Semua orang akan menerima tempat yang menyenangkan
b. orang akan menerima tempat nirwana menyenangkan
c. orang yang berat timbangan kebaikannya, akan masuk surga
d. orang yang ringan timbangan kebaikannya, akan masuk neraka

13. Perhatikanlah ayat berikut!

وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شّرًّا يَرَهُ

Isi kandungan dari ayat berikut ialah ….

a. Semua amal perbuatan insan akan dipertanggungjawabkan.
b. Semua gunung akan hilang pada hari kiamat.
c. Seluruh perbuatan jelek akan  ditampakkan blasannyat.
d. Semua perbuatan baik akan ditunjukkan kepadanya balasannya.

14. Perhatikanlah ayat berikut!

يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِ

Terjemah dari ayat tersebut adalah....
a. Dia dalam kehidupan yang memuaskan
b. Adapun orang  yang berat timbangannya
c. Pada hari itu insan ialah menyerupai anai-anai yang bertebaran
d. Yang ringan timbangan (keburukannya), tempat kembalinya neraka

15. Perhatikan ayat berikut!

وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِ

Arti dari  ayat di atas ialah .....
a. Adapun orang yang berat  tibangan (kebaikannya)
b. Adapun orang yang bera tibangan (keburukannya)
c. dan gunung-gunung ialah menyerupai bulu yang dihambur-hamburkan
d. Adapun orang  yang berat timbangannya kebaikannya

16. Ayat yang artinya pada hari itu bumi menceritakan beritanya ialah ....

a. وَوَجَدَكَ ضَآلاًّفَهَدًى
b. وَلاَ يُوْثِقُ وَثاَقَهُ اَحَدٌ
c. يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا
d. فَهُوَ فِى عِيْشَةٍ رَاضِيَةٍ

17. Ayat yang artinya Pada hari itu insan keluar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam, supaya diperlihatkan (balasan) pekerjaan mereka ialah ....

a. وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شّرًّا يَرَهُ
b. يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِ
c. فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ
d. يَوْ مَئِذٍ يَصْدُرُالنَّاسُ أَشْتَا تًا لِّيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ

18 Terjemah yang sempurna untuk ayat yang  bergaris bawah berikut  ialah ....

وَقَالَ الإْ نْسَانُ مَالَهَا

a. Barang siapa mengerjakan
b. Sebesar biji sawi (yang amat kacil)
c. Semua kebaikan akan diperlihatkan
d. dan insan bertanya:"Mengapa bumi (jadi begini)"

19 Terjemahan dari ayat 5 al Zalzalah berikut ialah ....

وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شّرًّا يَرَهُ
a. lantaran sebenarnya Rabbmu telah memerintahkan (yang demikian itu) kepadanya.
b. Siapa yang berbuat jelek sekecil apapun akan ditampakkan balasannya.
c. Semua kebaikan akan menerima balasannya.
d. Semua keburukan akan menerima balasannya.

20. Perhatikan ayat berikut!
1. وَمَاأَدْرَاكَ مَاالْقَارِعَةُ
2. وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُه. فُامُّهُ هَاوِيَة
3. بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحى لَهَا
4. يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا

Di antara ayat di atas berikut yang ada kaitannya dengan aturan alasannya akhir ialah ....

a. (1)         b. ( 2)      .       c. (3)              . d. (4)

21. ayat yang bekerjasama dengan aturan alam dari QS. al Zalzalah terdapat ialah ....
a. فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ
b. وَأَخْرَجَتِ اْلأَرْضُ أَثْقَالَهَا
c. وَقَالَ اْلإِنْسَانُ مَا لَهَا
d. يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا

22. Isi kandungan dari ayat berikut ialah ….

. يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِ
a. pada hari simpulan zaman gunung-gunung meletus.
b. bumi mengluarkan semua beban beratnya.
c. insan sama kebingungan dan bertanya-tanya.
d. pada hari simpulan zaman insan berhamburan bagaikan anai-anai.

23. Makna yang terkandung dalam ayat berikut adalah….

وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَا لْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِ 

a. ketika kiamat, gunung-gunung dihamburkan.
b. keadaan insan menyerupai anai-anai yang beterbangan.
c. insan akan mendapatkan akhir perbuatannya sendiri.
d. gunung-gunung akan meleleh.

24. Ada simpulan zaman sughra dan simpulan zaman qubra. Yang dimaksud qiyamat qubra ialah ....
a. bencana  dan musibah yang pernah  terjadi di bumi.
b. hancurnya sarana kehidupan dan matinya semua makhluk.
c. berakhirnya kehidupan dunia dan dimulainya kehidupan akhirat.
d. Peristiwa hancurnya alam semesta dan berakhirnya kehidupan dunia.

25. Berikut ini yang bukan termasuk musibah adalah....
a. kecelakaan yang mengakibatkan matinya seluruh penumpang.
b. banjir bandang yang menelan banyak korban jiwa dan harta.
c. gempa bumi yang menimbulkan kerusakan yang besar.
d. terjadinya tsunami yang menghancurkan kawasan pesisir.

26. Bumi dan isinya diciptakan untuk memenuhi  kebutuhan manusia. Namun sering perilaku insan menjadi alasannya rusaknya alam, contohnya ….
a. penangkapan ikan dengan pukat harimau.
b. penggunaan racun untuk membunuh serangga.
c. menampung sampah di satu tempat.
d. rusaknya pemukiman warga.

27. Dengan memperhatikan banyaknya peristiwa banjir yang melanda pemukiman penduduk dan di bantaran sungai di perkotaan, kita sanggup mengambil pelajaran bahwa, hal itu sanggup terjadi disebabkan oleh ….
a. semakin rusaknya lingkungan yang ada.
b. banyaknya bendungan yang dibangun.
c. jarangnya waduk penampungan.
d. derasnya hujan yang turun.

28. Salah satu kiprah manuasia ialah menjaga kelestarian lingkungan alam. Agar hal itu sanggup terlaksana, maka salah satu yang sanggup dilakukan ialah dengan …..
a. Memilah antara sampah kering dengan sampah yang basah
b. Membenahi perkakas  rumah tangga
c. mengadakan gerakan peduli anak yatim
d. peduli terhadap keadaan masyarakat miskin

29. Cara yang diajarkan Islam supaya alam tetap terjaga kelestariannya dan tidak terjadi musibah ialah ….
a. memanfaatkan kekayaan alam yang ada dan senantiasa taat kepadaNya.
b. senantiasa berdo’a siang dan malam secara bersama-sama.
c. tidak memakai hasil hutan dan alam.
d. menghindari pengunaan materi berbahaya.

30. Kalimat yang sempurna untuk menyempurnakan hadis berikut ialah ….

قال رسول الله ص.م .... أَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَه.
a. مَنْ أَحْيى
b. وَ الْبَهَائِمِ
c. لِمَاشِيَتِهِ
d. ذِرَاعًا

31. Arti yang sempurna untuk kalimat yang bergris bawah berikut ialah ….

ألنبي صلى الله عليه وسلم.نهى صيرالروح وعن اخصاءالبهائم نهياشديدا
a. Melarang menyiksa binatang.
b. Melarang mengebiri yang bernyawa.
c. Melarang mengurung yang bernyawa.
d. Melarang membunuh yang bernyawa.

32. Terjemahan dari kalimat yang bergaris bawah berikut ialah ….

ألنبي صلى الله عليه وسلم.نهى صيرالروح وعن اخصاءالبهائم نهياشديدا
a. mengebiri kuda
b. mengebiri  binatang
c. melarang mengebiri
d. melarang mengebiri kuda

33. نَهَى رَسُوْلُ الله ص.م عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ وَ الْبَهَائِمِ (رواه أحمد)
Terjemahan dari kalimat yang bergaris bawah diatas ialah ….
a. Rasulullah saw. melarang.
b. Rasulullah saw. membiarkan.
c. Rasulullah saw. menganjurkan.
d. Rasulullah saw. memerintahkan.

34. Artika kalimat     نَهْيًا شَدِيْدًا  dalam hadis Rasulullah Saw. mempunyai arti ....
a. boleh dilakukan.
b. dihentikan melakukan.
c. larangan yang keras.
d. sangat diperintahkan.

35. Perhatikanlah potongan-potongan hadis berikut!
صَيْرِ (1) نَهَى (2) الرُّوْحِ (3) وَ عَنْ إِخْصَاءِ...(4)
Urutan yang sempurna dari potongan kalimat di atas ialah ….
a. 2,  1,   4,  3.
b. 2,  3,   1,  4.
c. 2,  1,  3,   4. 
d. 3,  2,   1,  4.

36. Manfaat eksklusif yang sanggup dirasakan dari hadis perihal proposal menghidupkan bumi yang mati ialah ….
a. terpenuhinya kebutuhan mahluk hidup.
b. adanya kekerabatan saling membutuhkan antara mahluk hidup.
c. alam akan memberi manfaat yang besar bagi kehidupan.
d. adanya keserasian antara daratan dan lautan.

37. Aktifitas berikut ini yang merupakan perbuatan menjaga kelestarian lingkungan adalah
a. penggunaan pupuk kimia di setiap tanaman.
b. pemberantasan hama dengan memakai pestisida.
c. penggunaan pupuk sangkar yang banyak pada setiap tanaman.
d. menciptakan tumbuhan buatan untuk keindahan taman.

38. Berikut ini ialah hal yang sanggup kita lakukan supaya kelestarian alam tetap terjaga adalah….
a. membatasi pemakaian materi bakar minyak.
b. menciptakan pagar rumah dengan tumbuhan hidup.
c. membangun rumah dengan materi kayu yang langka.
d. menghiasi pekarangan rumah dengan aneka bunga.

39. Akibat eksklusif dari pemburuhan besar besaran terhadap satu jenis spesies hewan tertentu, maka akan menimbulkan ….
a. munculnya jenis hewan yang gres .
b. semakin banyaknya hewan langka.
c. ketidakseimbangan ekosistem.
d. punahnya hewan tertentu.

40. Pembalakan hutan liar yang tidak terkendali akan menjadi alasannya ….
a. Akan terjadi pengikisan .
b. terjadi sunami .
c. punahnya hewan purba.
d. terjadi banjir di kawasan hilir.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
41. Jelaskan aturan bacaan yang terdapat pada kalimat yang bergaris bawah berikut ini dan bagaimana cara membacanya !

الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ

42. Terjemahkanlah ayat berikut!

وَمَاأَدْرَاكَ مَاهِيَهْ {10} نَارٌحَامِيَةُ {11}

43. Jelaskanlah isi kandungan dari ayat berikut!

 يَوْ مَئِذٍ يَصْدُرُالنَّاسُ أَشْتَا تًا لِّيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ

44. Tulislah sebuah hadis yang terjemahnya sebagai berikut! “Barang siapa menggali sumur, maka ia berhak 40 hasta, sebagai sangkar ternaknya”. (HR. Ibnu Majah)

45. Jelaskanlah pelajaran yang  sanggup diambil dari hadis berikut!

نَهَى رَسُوْلُ الله ص.م عَنْ إِخْصَاءِ الْخَيْلِ وَ الْبَهَائِمِ (رواه أحمد)

Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel