Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

Pada suatu hari, Fatimah ra. tiba ke rumah Nabi saw sambil menangis. Rasul kemudian bertanya, "Kenapa kau menangis, putriku?"

"Aku sangat bersedih sebab mengetahui para pemuka Qurays sekarang telah mengikat kesepakatan dan bersumpah atas nama Tuhan mereka, Latta, Uzza, dan Manat. Jika mereka mendapati ayah, mereka akan melukai. Mereka telah menyiapkan banyak uang bagi siapa saja yang berhasil melukai ayah."

Nabi saw kemudian berkata, "Tenanglah Fatimah, Allah akan menawarkan pertolongan-Nya. Sekarang, bawakan air untukku! "Perintah Nabi Saw.

 tiba ke rumah Nabi saw sambil menangis Manfaat Wudhu bagi Kesehatan Fatimah segera melakukan perintah ayahnya. Setelah itu, Nabi saw berwudhu, kemudian pergi ke masjid. Ada satu hal yang aneh itu. Ketika orang-orang Qurays melihat Nabi Saw keluar rumah, mereka menunduk dan tidak ada satu pun yang berani mengangkat kepala.

Dapat kita ketahui dari dongeng diatas Wudhu memang mempunyai peranan yang besar bagi kehidupan seorang muslim. Karena wudhu akan menjadi selalu sadar dan enegrik dalam hidup kita.  Tidak diragukan lagi, manfaat wudhu sangat besar bagi kesehatan secara umum.  Berikut keajaibaan wudhu bagi kesehatan.

Manfaat Wudhu bagi Kesehatan

  1. Berkumur-kumur, penelitian modern menetapkan berkumur-kumur sanggup menjaga lisan dan tenggorakan dari peradangan dan menjaganya dari terjadinya peradangan gusi. Hal ini sebab berkumur-kumur berfungsi memelihara gigi dan membersihkannya dari sisa-sisa masakan yang masih menempel. Manfaat lain yang sangat penting yaitu ia sanggup menguatkan sebagian urat wajah dan menjaga kebersihannya. Ini merupakan suatu latihan penting yang telah dikenalkan oleh para pakar pendidikan olahraga.
  2. Membasuh hidung, sebuah penelitian yang dilakukan kelompok dokter di universitas Alexendria yang menetapkan pada umumnya, orang-orang yang berwudhu secara terus menerus hidungnya higienis dari debu, kuman, dan bakteri.
  3. Membasuh wajah dan kedua tangan sampai kedua siku mempunyai manfaat yang sangat besar dalam menghilangkan keringat dari permukaan kulit, Air wudhu juga berfungsi membersihkan kulit dari kandungan minyak yang tertahan di kelenjar kulit.
  4. Membasuh kedua kaki seraya memijat-mijat dengan baik akan membuat perasaaan hening dan nyaman, sebab dikakilah terletak semua urat yang berafiliasi dengan seluruh anggota badan.
  5. Rahasia lainyanya berdasarkan penelitian ilmiah peredaran darah di serpihan atas anggota badan, kedua tanggan, kedua lengan, serpihan bawah tubuh menyerupai kedua telapak kaki dan kedua betis termasuk lemah. Sebab tempatnya yang jauh dari sentra peredaran darah, yaitu jantung. Bila anggota ini semua dibasuh seraya dipijat-pijat dengan penuh perhatian maka hal ini akan berdampak memperlancar perederaan darah sehinga menambah stamina tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel